Dasar Montage

Montage biasanya disebut dengan kata bongkar pasang suatu mesin. Tetapi tujuan utama montage yaitu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih dan membuat jenis-jenis pastener, seal, dan packing serta aplikasinya.
Sebenarnya dasar montage hanya untuk mengenalkan nama-nama baut, mur, seal, dan packing. Ilmu montage ini jarang untuk diperbincangkan di dunia maya tetapi ilmu ini berguna dalam hal bongkar pasang aplikasi. Paling banyak yang dijelaskan di dasar montage ini yaitu tentang mengenai gearbox dan kopling.
Gearbox atau transmisi adalah sebagai sistem pemindah tenaga. Transmisi secara lengkapnya berfungsi memindahkan dan mengubah tenaga dari motor berputar, yang digunakan untuk memutar spindel maupun melakukan gerakan feeding. Transmisi juga berfungsi untuk mengatur kecepatan dan torsi serta berbalik putaran, sehingga dapat bergerak maju dan mundur. Transmisi juga disebut gearbox.
Fungsi Gearbox
 Dan fungsi kopling adalah penghubung antara benda movable dengan benda stationary. Seperti contoh motor listrik menggerakkan pompa atau gearbox, dan saat menggerakkan terdapat kopling yang di pasang antara as motor dengan as pompa.
fungsi kopling

Kalau di cerna baik-baik pembahasan yang diatas tadi, sebenarnya kopling dengan gearbox saling berhubungan misalnya kalau tidak ada kopling dan motor sebagai penggerak, pasti gearbox tidak akan berputar, karena gearbox perlu bantuan untuk menggerakkannya karena gearbox termasuk benda stationary atatu fix (diam) kalau tidak digerakkan.
Itulah sedikit mengenai Dasar montage yang kemudian menyambung ke fungsi-fungsi gearbox maupun kopling.